Pages

Wednesday, July 18, 2018

Perkembangan Arsitektur di Indonesia

Perkembangan arsitektur bisa dilihat dari perkembangan pembangunan. Karena pembangunan tidak terlepas dari para arsitek. Bangunan perlu adanya perencanaan yang matang, disitulah peran penting bagi arsitek. Semakin maju pembangunan, maka semakin maju juga dunia arsitektur.

Selain dari perkembangan pembangunan, juga bisa dilihat dari perkembangan budaya. Karena arsitektur tidak dapat dipisahkan dengan budaya lokalnya. Sekarang ini pun peradaban sudah semakin maju, para arsitek juga sehingga semakin maju.

Beda negara maka beda juga arsitekturnya. Tergantung dari lokasi dimana arsitek itu berada. Karena tentu arsitek harus bisa melihat dari potensi dan lingkungan sekitarnya. Dengan mengabaikan lingkungannya, maka bisa dibilang arsitek tersebut gagal untuk mempertahankan budaya lokalnya. Padahal hal tersebut merupakan sesuatu yang paling penting untuk menunjukan jatidiri arsitektur setempat.

PEREKEMBANGAN ARSITEK DI INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak budaya. Setiap daerah berbeda-beda. Mulai dari adat istiadat, pakaian, bahasa, sampai tempat tinggalnya pun berbeda. Untuk itu, para arsitek di Indonesia dituntut untuk melihat potensi yang ada dan diterapkan di setiap karyanya agar arsitektur lokalnya tetap terjaga sampai kapan pun.

Kami pun sebagai jasa arsitek di Semarang tidak lupa untuk menerapkan potensi lokal dan karakter dari setiap daerah pada desain karya kami.

Untuk contoh yang akan kami sebutkan di sini adalah arsitektur Bali yang sangat begitu kuat hampir di seluruh pulau bali menampilkan karakter budaya dari bali itu sendiri. Hal tersebut tak terlepas dari para arsitek yang berada di Bali itu sendiri.

Mulai dari rumah, tempat ibadah, sampai fasilitas umumnya memiliki karakter arsitektur Bali yang sangat kuat. Bahkan sebagian orang sangat menyukai dan membawa arsitektur Bali ke daerahnya masing-masing yang berada di luar Bali. Karena arsitektur Bali sangat cocok untuk iklim di indonesia.

Selain Bali, karakter lokal yang kuat juga ada di Jogja. Perencanaan kota Jogja yang diatur sedemikian rupa sehingga memberikan kesan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Arsitektur lokal jogja yang terkenal adalah bangunan joglonya, lebih kepada model atap joglonya. Sering beberapa bangunan terbuka atau seperti hall terbuka kebanyakan atapnya mengadopsi dari atap joglo. Karena memiliki karakter dan filosofi yang kuat.

KESIMPULAN PERKEMBANGAN ARSITEK DI INDONESIA

Di jaman sekarang ini, sudah semakin maju. Budaya dari luar juga sudah menajajah budaya kita.  Arsitektur internasional di kota-kota besar sudah bermunculan. Untuk itulah sebagai seorang arsitek sebaiknya mempertahankan budaya lokalnya dengan cara menerapkan di hasil karyanya. Agar budaya lokal tetap ada dan selalu ada.

No comments:

Post a Comment