Pages

Thursday, July 19, 2018

Mendesain Jendela Yang Baik

Mendesain Jendela Yang Baik - Fungsi dari jendela adalah sebagai salah satu elemen bangunan yang berperan sebagai pengatur pencahayaan dan penghawaan. Selain sebagai pengatur penghawaan dan pencahayaan, jendela juga mengalami perkembangan fungsi yang lain yaitu sebagai estetika pada sebuah bangunan. Jendela harus selaras dan menyatu dengan elemen lainnya untuk menigkatkan estetika bangunan itu sendiri.

Seperti pada rumah dengan desain minimalis, maka jendela harus mengikuti dari desain minimalis tersebut. Sangat aneh jika pada sebuah bangunan rumah tinggal minimalis memiliki desain jendela klasik yang penuh dengan ornamen-ornamen. Untuk itu dibutuhkan mendesain jendela yang baik.

Bagaimana Mendesain Jendela Yang Baik?

Dalam mendesain seuah jendela, tentu kita harus mengetahui fungsi dari jendela tersebut. ada beberapa fungsi dari jendela, antara lain penghubung antar ruang di dalam bangunan maupun penghubung bagian dalam bangunan dengan bagian di luar bangunan, meneruskan cahaya alami dari sinar matahari ke dalam bangunan, sebagai ventilasi dan juga pengatur udara dalam ruangan, pemberi efek pemandangan alami, memberi nilai estetika arsitektural bangunan (penempatan jendela yang baik).

Setelah mengetahui manfaat dari jendela tersebut, baru kita bisa mendesain jendela yang baik.

Pemilihan jenis jendela yang akan digunakan, bergantung dari beberapa hal. Mulai dari di mana jendela itu ditempatkan, konsep bangunannya, fungsi dari jendela, desain interior di dalam ruangan dan yang lainnya.

Pada tahun 2018 ini masih banyak yang menggunakan jendela minimalis dengan tidak terlalu banyak ornamen dan cenderung lebih sederhana. Karena tren tersebut juga mengikuti konsep minimalis pada desain bangunannya.

Desain jendela juga harus menyesuaikan dengan rencana desain interior yang akan digunakan. Sehingga nantinya, jendela tersebut serasi dan sesuai tidak hanya pada eksterior bangunan namun juga serasi dengan interior di dalamnya.

Untuk pemilihan material juga harus diperhatikan. Apalagi letak lokasi jendela kebanyakan bersinggungan langsung dengan lingkungan luar yang terbuka. Sehingga jendela bisa terkena hujan secara langsung dan lingkungan yang lembab. Untuk jenis material kayu masih banyak yang berminat. Tetapi material kayu dibutuhkan perawatan yang lebih mahal. Untuk bangunan seperti kantor dengan jendela yang lebih banyak, biasa menggunakan material aluminium yang agak lebih awet dan minim perawatan serta lebih murah dari pada material kayu. (sumber : https://jasaarsitekbali.wordpress.com/2018/07/19/mendesain-jendela/)

Mendesain Jendela Yang Baik

Selain jendela, ada alternatif lain dalam memilih pencahayaan alami yaitu penggunaan skylight. Skylight merupakan bagian dari elemen bangunan yang fungsinya sama dengan jendela. Biasanya penempatannya berada di atap dari sebuah bangunan.

No comments:

Post a Comment